Wednesday, December 2, 2009

Cerita Keberhasilan dari Teman


Minggu lalu ada salah satu teman dekat saya menelpon, mengabarkan kalau dirinya diterima di sebuah Departemen. Terdengar jelas ada nada bahagia dalam suaranya. Dan saya ikut bahagia mendengarnya.

Hari ini, salah seorang teman yang dekat dengan saya secara pekerjaan (hooh :D) juga memberi kabar kalau dirinya diterima sebagai CPNS di Pemda ibukota negeri tercinta ini. Tampak jelas kebahagiaan di raut mukanya. Dan saya, ikut merasakan kegembiraannya.

Selama setahun terakhir ini, saya banyak melewatkan berbagai aktivitas dengan ke dua teman tadi. Berbagi pekerjaan, bertukar pikiran, makan bareng, sharing ide, bahkan terkadang curhat masalah pribadi. Dari kebersamaan itu saya jadi tahu bagaimana pandangan dan pemikiran mereka mengenai hidup, termasuk juga tentang arti sebuah pekerjaan.

Hingga, mereka mengabarkan keberhasilan mereka dalam seleksi yang mereka ikuti.

Satu pelajaran yang saya dapat dari mereka. Keberhasilan terjadi karena ada usaha dan kesempatan. Ada usaha tapi tanpa kesempatan means that we have to find another chance to make an effort to win. Ada kesempatan tapi belum ada usaha means that we have to change our mindset from ‘do not want to take this chance right now’  to ‘yes, we have to take this chance wisely right now as if there would be no another chance anymore in the next day’.

Banyak kesempatan di sekitar kita, tapi hanya yang mau berusaha untuk memanfaatkan kesempatan itu dengan sebaik-baiknya lah yang akan berhasil. And both of my friends just proved it.

0 comments: