Wednesday, April 14, 2010

Menghitung Teman

Boy friends come and go, but friends are forever.

One favorite quote from the novel I just finished reading this week :).

----------------------------------------------

Pak Eka Budianta, pembimbing di workshop penulisan biografi saya, satu ketika pernah memberikan sebuah penugasan unik kepada saya. Menuliskan nama teman-teman kita dalam waktu selama 30 – 60 menit.

‘’Menghitung teman? Itukan tidak terhitung, ’’ pikir saya dalam hati.

Sebelum saya sempat menanyakan hal itu secara langsung, Pak Eka memberi saya sedikit gambaran tentang tugas ini, kurang lebihnya begini:
Teman-teman kita kelihatannya sangat banyak. Tapi coba deh Mira lihat lagi, apakah Mira tahu  nama lengkap, alamat, hobby, pekerjaan, dst. Coba cek, dengan kriteria tersebut, dalam waktu 30 menit berapakah nama teman yang sudah Mira tulis.

Satu hal yang saya tangkap dari kriteria yang disampaikan Pak Eka, tulis nama teman yang memang benar-benar kenal baik dengan kita.

Minggu lalu saya sengaja menghitung nama teman-teman saya dalam waktu 30 menit. Banyak nama yang saya tulis, namun kemudian saya hapus lagi. Menuliskan nama si A, hmm.. sudah lost contact selama bertahun-tahun. Sedangkan si B, baru kenal kemarin. Dengan si C teman sih, tapi hanya sebatas say hi saja.

Setelah beberapa kali menulis dan menghapus, akhirnya ada sekitar 35 nama teman yang ada dalam corat-coretan saya. Semuanya adalah sahabat dan teman-teman yang masih stay in touch hingga sekarang.

Tiap nama teman yang saya tulis mengingatkan saya dengan berbagai kejadian yang pernah saya lalui di masa lalu. Tanpa saya sadari, betapa selama ini saya memiliki banyak teman yang sangat menyenangkan dan menerima saya apa adanya.

Mengutip satu kalimat dari Pak Eka lagi:

Menghitung teman adalah modal utama untuk hidup.
Kekasih, pacar, belahan jiwa, atau apapun kita menyebutnya, boleh saja datang dan pergi dalam kehidupan kita. Tapi teman, akan tetap menjadi seorang teman.

Tertarik ingin mencoba tugas unik ini? Coba deh hitung seberapa banyak ’benar-benar’ teman yang kita miliki :).

0 comments: